contoh pendahuluan bab I


PENDAHULUAN
Perpustakaan adalah salah satu tempat pusat berbagai informasi yang multi fungsi. Sehingga, perpustakaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas untuk membuka mata mereka akan dunia.Perpustakaan juga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan perguruan tinggi. Hal ini juga karena perpustakaan adalah sebagi penunjang belajar para masyarakat perguruan tinggi. Berfungsi sebagai sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan berbagai sumber daya informasi yang ada. Segala jenis informasi dan sumber-sumber informasi yang dimiliki perpustakaan secara terus-menerus akan bertambah sejalan dengan berkembangnya informasi. Seiring dengan bertambahnya waktu maka ilmu pengetahuan juga berkembang dengan pesat sehingga inventaris buku pada perpustakaan juga akan semakin bertambah, begitu pula dengan anggota perpustakaan yang lama-kelamaan akan semakin bertambah pula.
Oleh sebab itu, maka diperlukanlah suatu sistem yang mampu menampung dan mengakses data tersebut dengan mudah dan cepat. Perpustakaanpun dituntut untuk bergerak cepat, memperbaiki sistem yang ada agar lebih efisien dalam penggunaannya dan juga bisa memaksimalkan potensi yang ada dalam perpustakaan itu sendiri. Salah satu hal penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah perpustakan adalah adanya proses temu kembali informasi. Temu kembali informasi sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan dan memasok informasi bagi pemakai sebagai jawaban atas permintaan atau berdasarkan kebutuhan pemakai (Sulistyo-Basuki, 1992).
Temu kembali informasi juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang bertujuan memberi informasi kepada para pengguna atau pemustaka. Temu kembali informasi ini juga mengacu pada temu kembali dokumen, atau data yang dimiliki oleh perpustakaan. Perlu diingat juga bahwa informasi yang ada di perpustakaan bersifat tekstual sedangkan proses untuk menemukan kembali informasi tersebut jika dilakukan dengan cara konvensional akan memakan waktu yang sangat lama dikarenakan sangat banyaknya data-data yang ada di perpustakaan itu sendiri. Syukurlah dengan seiring perkembangan zaman teknologi informasipun telah merambah dunia perpustakaan, pengunaan OPAC adalah salah satu bukti nyata akan kemajuan teknologi tersebut sehingga menjamin kemudahan akses informasi di perpustakaan.
OPAC merupakan sarana penyimpanan, sarana penelusuran informasi secara online, dan sebagai sarana untuk memeriksa status dari suatu bahan pustaka. Proses penelusuran informasi menjadi penting untuk menghasilkan sebuah temuan atau informasi yang relevan, akurat dan tepat. Proses dan penggunaan alat yang tepat akan menghasilkan informasi yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s