KULIAH ATAU KERJA ?


photoshop by lilies re
photoshop by lilies re

KULIAH, JURUSANNYA APA ??

KERJA, LULUSAN SMA JADI APA ??

Mungkin bagi kalian yang baru saja lulus, pertanyaan itu sedang melayang dipikiran kalian. Beberapa pertanyaan selalu menghantui hidup kalian. Inilah penentu kalian. Mau jadi apa kalian kelak.

Apabila kalian dari lulusan SMK mungkin keterampilan kalian dapat kalian manfaatkan buat kerja. Misalnya anak Administrasi Perkantoran nge-lamar kerjaannya di rentalan atau di toko fotocopy. Untuk anak Penjualan bisa nge-lamar di toko toko atau supermarket. Dan yang lainnya menyesuaikan.

Ini saya mempunyai beberapa tips buat kalian.

  1. Niatlah dulu, lebih baik kuliah. Mumpung usia kalian masih muda. Pertimbangkan juga, jika kalian kuliah, kalian lebih tinggi dari SMA/SMK/MA. Alangkah hebatnya apabila kalian nyambi dalam kuliah, jadi kuliah n kerja. Asal bisa bagi waktu ya? Utamakan kuliah.
  2. Apabila kuliah udah bukan lagi pilihan kalian, kembangkan ketrampilan mu sendiri. Buat wirausaha. Insyaallah kalian jadi pengusaha.
  3. Jangan terlalu pusing dalam biaya. Apabila itu rejeki mu. Dalam kuliah kamu bisa dapat beasiswa. Sekarang yang paling besar itu BidikMisi. Apabila kondisi ekonomi kalian benar-benar tidak mampu. Dapat mendaftar BidikMisi. Lumayan loh, dapat beasiswa juga dapat biaya hidup.
  4. Tanya-tanya sama kakak-kakak yang udah kuliah, minta pertimbangan juga. Konsultasi aja gag papa. Nggak kakak kandung juga ga papa. Yang udah kuliah tu yang mudeng bagaimana mereka melalui bayar membayar dan nikmatnya kuliah.
  5. Apabila kalian kuliah, ruang lingkup kalian juga tambah luas. Teman-teman kalian juga gag dari itu itu juga. Kalian akan menemukan keberagaman. Nanti saat kuliah kamu bakal dapat teman kok seperjuangan mu. Yang akan membantu mu saat kamu bingung.
  6. Kuliah tu kalo nggak mudeng intinya tanya tanya aja. Kuncinya punya kakak panduan. Hehe, ya itu kakak yang udah kuliah itu. Udah mudeng liku – likunya.
  7. Sedikit cerita, teman saya. Saya mengunjungi rumahnya dan ngenes banget dia. Tapi dengan semangat kuliah yang tinggi. Dia berani kok. Dia malah jadi pelajaran hidup bagi saya. Semangatnya yang saya teladani.

Mungkin itu sedikit info bagi kalian yang bingung. Semoga dapat mendorong kalian dalam memilih. Tunjukkan bakat mu !

2 tanggapan untuk “KULIAH ATAU KERJA ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s