PENGARUH POSITIF INTERNET TERHADAP SISWA SMK


semangat saat mendengarkan pidato dan saat pidato

Assalamualaikum wr wb

Bapak/ibu guru penguji ujian praktek Bahasa Indonesia yang saya hormati. Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberikan rahmat dan hidayah Nya kepada kita. Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Pengaruh Positif Internet terhadap Siswa SMK”. Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri, nama saya Lilies Resthiningsih nomer peserta 17-001-369.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati. Apa yang anda ketahui dari kata internet? Kata internet sekarang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Berbicara atau menggambarkan apa itu internet, tidak akan habis-habisnya, karena DUNIA MAYA, begitu dia biasa disebut sebahagian orang, terus berubah dan tidak berhenti berkembang dari detik ke detik. Internet sulit diceritakan dengan kata-kata. Namun untuk mengaksesnya, atau menggunakannya, tidak lebih sulit dari pada mengambil uang anda di anjungan tunai mandiri (ATM) bank. Teknologi yang canggih itu sekarang sudah menjamur di masyarakat. Teknologi yang canggih, mewah dan praktis itu dapat kita akses dimanapun kita berada. Dengan hanya bermodalkan telepon seluler yang memiliki koneksi internet. Atau jika tidak setiap kota bahkan sekarang di desa pun sudah ada yang menjual jasa internet yang biasa orang menyebutnya  warung internet atau disebut “Warnet”. Dengan koneksi internet yang mudah dijangkau kita sekarang dengan mudah mendapatkan informasi – informasi dari lokal maupun interlokal semudah membalikkan telapak tangan atau mengejapkan mata.

Banyak ilmu pengetahuan yang dapat kita dapat kan dari internet. Misalnya cara merakit komputer, cara menggunakan myOb, tatacara mengarsip yang baik, dan lain-lain. Lantas apa hubungannya internet dengan siswa SMK? Siswa SMK dituntut untuk terampil. Terampil dalam mata pelajarannya. Apabila dalam pelajaran sulit dimengerti, siswa SMK dapat mencari informasi dan materinya di dunia internet. Siswa SMK pastinya sudah mahir dalam mengelola internet dan mengaksesnya. Dari internet dapat diperoleh hal – hal baru yang dapat menunjang pelajaran. Banyak pelajaran SMK yang berkaitan dengan internet.

Bapak/Ibu guru yang saya hormati, dari internet menghasilkan beberapa kemajuan dari siswa SMK yang benar – benar memanfaatkan internet. Berikut adalah dampak positif internet bagi siswa SMK :

  1. Sebagai media belajar

Internet dapat difungsikan sebagai media belajar dari siswa SMK. Apabila disekolah mereka belum paham benar, maka dapat menggali informasi lagi melalui internet.

  1. Menambah ilmu pengetahuan

Banyak sekali pengetahuan yang didapat dari internet. Dalam lingkup SMK misalnya tatacara menerima tamu, cara menggunakan photoshop, cara memfotocopy, dan lain – lain.

  1. Mempermudah mencari informasi/ berita

Maksud dari mempermudah mencari informasi/ berita adalah mendapatkan informasi/ berita tinggal mengakses dari internet melalui google, yahoo, wordpress dan lainnya. Misalnya mencari informasi beasiswa bidikmisi, informasi lomba karyatulis, informasi tentang UNS, informasi tentang bencana alam yang terjadi, informasi tentang berita Karanganyar hari ini dan lain – lain.

  1. Sarana mengapresiasikan diri

Biasanya banyak bakat terpendam dalam diri masing – masing siswa. Tetapi tidak tahu cara mengapresiasikan atau mengembangkan dirinya. Dengan adanya internet, siswa terutama siswa SMK bebas mengapresiasikan diri nya, hasil – hasil keterampilannya. Misalnya siswa berbakat dalam membuat puisi, maka puisi – puisi buatannya dapat ditulis di blog atau situs lainnya. Dengan begitu banyak orang yang akan mengetahui bertapa indahnya puisi – puisinya. SMK Negeri 1 Karanganyar akan mengadakan lomba – lomba memperingati hari kartini. Nha, kita dapat meng-upload informasi – informasinya melalui internet. Jadi beberapa pengguna internet akan tahu beberapa kegiatan di SMK Negeri 1 Karanganyar. Norman Kamaru dan Sinta Jojo terkenal juga karena mengapresiasikan dirinya melalui internet bukan ??

  1. Untuk mencari uang (penjualan)

Berbisnis di internet tidak asing lagi sekarang. Bisnis melalui online malah cepat laku dan laris. Karena sekarang manusia menginginkan segalanya instan dan praktis juga cepat. Dengan internet, barang – barang dagangan yang kita jual dapat dipromosikan melalui internet. Lewat web sendiri atau melalui situs – situs facebook, google, yahoo, dan lain – lain. Tapi ingat, membuat iklan di internet juga harus membayar hlo !

  1. Untuk memperbanyak teman

Dengan internet kita menjelajahi beberapa situs yang juga digunakan oleh pengguna internet lain. Dari situs – situs tersebut kita dapat terhubung dengan teman – teman kita dengan mudah.

  1. Dll

Banyak lagi keuntungan yang didapat dari internet bagi siswa SMK.

Dengan menggunakan internet secara positif, siswa SMK pasti dapat maju dalam bidangnya masing – masing. Mempromosikan dirinya kedunia kerja, mempromosikan keterampilannya, dan masih banyak lagi. Maka kita harus memanfaatkan internet semaksimal mungkin karena sekarang cara akses internet yang begitu mudahnya

Sekian pidato dari saya, kekurangan milik saya dan kesempurnaan hanya Allah yang punya.

Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s