notula rapat


NOTULA RAPAT

KERJASAMA GLOBAL MANAGEMENT CONSULTANT DENGAN PT NUSA TIMUR

TENTANG REKRUITMENT SDM

I Hari/ Tanggal : 10 Oktober 2011
Pukul : 13.00 – 15.00 WIB
Tempat : Ruang Rapat Global Management Consultan (GMC)
II Pemimpin Rapat : Bp. Surya Atmaja, Msi (Direktur GMC)
Peserta Yang Hadir : 6 orang (daftar terlampir)
Peserta Yang Tidak Hadir :
III Acara : 1. Pembukaan
2. Informasi Mengenai GMC
  3. Rencana Kerjasama Rekruitmen SDM Adm. Perkantoran dan Operator Telepon
4. Tanggapan dan Tanya Jawab
5. Kesimpulan
6. Penutup
IV Risalah Pembicaraan :
1. Pembukaan
Rapat dibuka pukul 13.00 oleh Bp. Surya Atmaja selaku Pemimpin Rapat dengan mengucapkan selamat siang dan terima kasih atas kehadiran Bapak-Ibu peserta rapat.
2. Informasi Mengenai GMC oleh Direktur GMC
Secara singkat Bp. Surya Atmaja mengenalkan tentang GMC. GMC didirikan pada tahun 1993. Penyediaan SDM berkompeten dan Consultan adalah bisnis GMC yang dikembangkan dengan menjunjung tinggi tanggung jawab kerja. GMC dibangun atas dasar pengalaman matang para pendirinya serta didukung oleh SDM yang berkompeten di bidangnya.
3. Rencana Kerjasama Rekruitmen SDM Adm. Perkantoran dan Operator Telepon oleh Ibu Komalasari Dewi
Institusi/ perusahaan yang sudah membangun kerjasama dengan GMC tidak hanya institusi/ perusahaan di Jawa Tengah saja tetapi diseluruh Indonesia, bahkan kerjasama dengan di negara-negara Asia sudah dibangun pada dua tahun terakhir ini. Kebanyakan dari negara-negara Asia seperti Philipina, Jepang dan Malaysia membutuhkan SDM di bidang Adm. Perkantoran untuk industri-industri dan Pemerintahan, sedangkan Front Office kebanyakan untuk sektor Perhotelan. Oleh karena itu Ibu Komalasari Dewi mengajak PT Nusa Timur untuk bekerjasama dalam perekrutan SDM.
4. Tanggapan dan Tanya Jawab
a. Bp. Dendy Putranto, SH (Direktur PT Nusa Timur) :
Beliau mengatakan bahwa tertarik dengan informasi dari GMC, dan informasi tersebut juga sudah beliau dengar melalui beberapa perusahaan yang mengambil SDM melalui GMC.
PT Nusa Timur membutuhkan 2 orang Operator Telepon dan 5 orang untuk Adm. Perkantoran dengan kriteria yang ada pada GMC. 
b. Ibu Sari Dwi Ayuningtyas, SE (HRD PT Nusa Timur) :
Beliau menjelaskan bahwa kriteria Operator Telepon PT Nusa Timur yaitu sesuai dengan SOP bertelephone GMC, mengutamakan etika komunikasi, ramah, sopan dan mampu berkomunikasi dua arah dengan baik dan tepat, baik  dalam bahasa Indonesia maupun Inggris karena PT Nusa Timur juga ekspor dengan beberapa negara tetangga.
Untuk kriteria SDM Adm. Perkantoran juga ada SOP yaitu rapi, teliti, sabar, berpenampilan rapi dan menarik, tinggi badan min 160 cm, tidak berkacamata, berbahasa Indoneis yang baik dan benar, dan bahasa Inggris aktif baik writing maupun confersation. 
c. Bp. Badi Rochimin, SH (Interviewer calon karyawan) :
Beliau mengatakan bahwa selain kriteria yang disampaikan Ibu Sari juga test interview tentang kepribadian, pengetahuan umum dan pengetahuan sesuai keahliannya serta kasus-kasus yang sering terjadi dalam bekerja. 
d. Ibu Komalasari Dwi, SPd (Kepala Devisi Personalia GMC) :
Beliau menjelaskan bahwa SDM yang tersedia pada GMC sudah memiliki kemampuan yang terukur yang dibuktikan dengan Sertifikat Kompetensi yang diases oleh Lembaga Sertifikat Profesi (LSP). Jadi GMC kerjasama dengan LSP.
Beliau juga menjelaskan bahwa SDM yang GMC rekrutpun juga ada kriteria dari GMC, yang lulus secara administrasi ditraining sesuai bidang yang dipilih sampai yang bersangkutan kompeten, lalu uji intern dari Team GMC yang lulus dapat mengikuti uji sertifikasi dari LSP. Yang belum lulus uji intern diberi kesempatan mengikuti uji maksimal 3 kali, jika 3 kali tidak lulus tidak digunakan. 
e. Bp. Dendy Putranto, SH :
Beliau mengatakan bahwa penjelasan dari Ibu Komala menarik sekali.
Beliau juga menanyakan apakah SDM selalu ready, dan bagaimana prosedurnya? 
f. Bp. Surya Atmaja :
Beliau menjawab pertanyaan Bp. Dendy bahwa SDM selalu ready, prosedurnya mudah sesuai yang ada pada brosure GMC. 
g. Bp. Dendy Putranto, SH :
Beliau mengatakan bahwa kalau begitu bisa segera dibuatkan Naskah Kerjasama antara PT Nusa Timur dan GMC sign tanggal 24 Oktober 2011, pukul 11.00 WIB di kantor PT Nusa Timur.
Calon karyawan bisa test interview tanggal 26 Oktober 2011 pukul 10.00 WIB sampai selesai, yang masuk kriteria bisa langsung diinformasikan dan mulai kerja tanggal 1 November 2011. 
h. Ibu Sari Dwi Ayuningtyas, SE :
Beliau menanyakan apakah dimungkinkan untuk calon karyawan yang mengikuti interview 4 orang untuk Operator Telephone, sedangkan yang diterima 2 orang untuk Adm. Perkantoran 6 orang, sedangkan yang diterima 4 orang. 
i. Ibu Komalasari Dewi :
Beliau menjawab pertanyaan Ibu Sari, tentu bisa, konsep kerjasama akan segera disiapkan sesuai permintaan Pak Dendy, ditandatangani tanggal 24 Oktober 2011 di kantor PT Nusa Timur. Tanggal 21 Oktober 2011 konsep kerjasama akan Ibu Komala sampaikan kepada Bp. Dendy beserta biodata dan bukti pendukung calon karyawan. 
j. Bp. Dendy Putranto :
Beliau menyetujui. Beliau sudah jelas semuanya, tinggal menyiapkan acara penandatanganan dan diagendakan termasuk jadwal interview.
5 Kesimpulan Rapat oleh Bp Surya Atmaja
a. PT Nusa Timur membutuhkan 2 orang Operator Telepon dan 5 orang untuk Adm. Perkantoran dengan kriteria yang ada pada GMC.
b. Kriteria Operator Telepon PT Nusa Timur yaitu sesuai dengan SOP bertelephone GMC, mengutamakan etika komunikasi, ramah, sopan dan mampu berkomunikasi dua arah dengan baik dan tepat, baik  dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.
c. Kriteria SDM Adm. Perkantoran yaitu rapi, teliti, sabar, berpenampilan rapi dan menarik, tinggi badan min 160 cm, tidak berkacamata, berbahasa Indoneis yang baik dan benar, dan bahasa Inggris aktif baik writing maupun confersation.
d. Test interview calon karyawantentang kepribadian, pengetahuan umum dan pengetahuan sesuai keahliannya serta kasus-kasus yang sering terjadi dalam bekerja.
e. Tanggal 21 Oktober 2011 konsep kerjasama akan Ibu Komala sampaikan kepada Bp. Dendy beserta biodata dan bukti pendukung calon karyawan.
f. Penandatanganan Naskah Kerjasama antara PT Nusa Timur dan GMC tanggal 24 Oktober 2011, pukul 11.00 WIB di kantor PT Nusa Timur.
g. Test interview calon karyawan tanggal 26 Oktober 2011 pukul 10.00 WIB sampai selesai, yang masuk kriteria bisa langsung diinformasikan dan mulai kerja tanggal 1 November 2011.
6. Penutup
Rapat diakhiri pada pukul 15.00 WIB dan ditutup oleh Bp. Surya Atmaja dengan mengucapkan terimakasih dan berharap awal kerjasama ini dapat berkesinambungan dan memberi manfaat kedua belah pihak.

Kudus, 10 Oktober 2011

Pemimpin Rapat

Notulis

Bp. Surya Atmaja, Msi

                                Putri Kusumaning Tyas

Direktur GMC

Staf Administrasi GMC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s